halaman

Minggu, 24 Februari 2008

Bunga Bangsa dalam Penantian...

Sejak tahun 1992 (kalo ga salah) SBB belum lagi ngedapetin prestasi yang prestesius. Saat itu SBB jadi juara Festival Teater Remaja (sekarang Festival Teater Jakarta). Masa Bang Yono[1] sebagai sutradara, SBB berhasil di perhitungkan di teater Jakarta Selatan. Ketika Bang tebe nyutradarain, nama SBB pun masih tetep di perhitungkan. Kira-kira begitu yang gue lihat dan rasain kalau ketemu orang-orang teater di Bulungan[2].

Setelah Bang Yono tidak melatih di SBB ada beberapa pelatih yang megang SBB, karena tidak adanya pendokumentasian yang baik di SBB sejarah itu jadi kabur, jadi ga jelas. Jadi ga tau pasti siapa-siapa saja yang pernah ngelatih di SBB tapi bukan itu topiknya, ada hal yang buat gue menarik, emang ga ada prestasi yang prestesius buat SBB setelah tahun 90an, hebatnya tanpa itu SBB tetep diperhitungkan. Lewat konsep pertunjukan-pertunjukan Bang tebe SBB tetap di nanti sama penontonnya. Paling tidak setiap pertunjukan di Bulungan selalu rame. Malah banyak orang yang nonton emang ga di kenal, maksudnya emang penonton yang emang pingin tau SBB bakal bikin apa. Karena emang dikenal SBB tetaer penuh inovasi. Bang Yono atau pun bang tebe ngebuat hal-hal yang kontroversial di pertunjukan-pertunjukannya; ngelawan arus. Nah, disitulah SBB di nanti orang.

Rumput Tetangga

Berhubung gue di era Bang tebe jadi lebih tau kondisi pertunjukan SBB saat itu di banding eranya Bang Yono. Ada satu pembelajaran yang berharga saat proses pertunjukan yang di terapin Bang tebe, di bentuknya staf produksi setiap adanya pementasan. Emang bagian ini yang paling bikin anak SBB jadi lebih puyeng, udah ngurusin izin latihan sama orang tua yang susah ditambah harus ngurusin kebutuhan pertunjukan. Belom lagi arahan dari para senior yang kadang malah bikin tambah ruet. Harus nyiapain ini itulah, bagi-bagi tugas sama yang lain, laporan setiap habis latihan sampai minjem sana-sini buat minjem property juga dilakonin. Kata bang Oche justeru di situlah suasana pentasnya, tanpa masalah pentas akan hambar. Jadi udah biasa kalau pentas ada masalah.

Penggemblengan ala pertunjukan SBB ini tanpa di sadari ngebentuk mental kerja, itu baru betul-betul bisa di rasain kalo kita ada di produksi pertunjukan group lain. Kira-kira begitulah yang gue rasain. Dari mulai ikut bantu-bantu pertunjukan teater-teater SMA sampai teater jalanan[3]. Ada beberapa group yang ngebentuk staf produksi buat pertunjukannya, malah ada yang sangat rapih dalam penyiapannya. Sampe ada salah satu group nyewa Event Organizer buat ngejalanin staf produksinya, tapi ada juga yang ga bikin sama sekali; tugasnya di rangkap-rangkap.

Nah, disinilah kelebihan SBB karena sudah terbiasa main sambil jadi staf produksi akhirnya mental itu kebawa pas di tempat lain. Waktu jadi staf produksi kita bakal tau betul apa kebetuhan pemain atau pun produksi dan inisiatif kita bakal jalan. Ataupun saat jadi pemain kita bisa mengatasi tugas di luar area pemeranan. Kayanya cara kerjanya udah kebaca. Setelah ini bakal kaya gini terus gini, berarti antisipasinya seperti ini.

Jadi orang begitu tau kita dari SBB mudah-mudahan itu yang bakal kelintas di benak mereka, Orang-orangnya punya inisiatif. Karena masih punya sifat militan dalam kepelatihannya[4] dan pembinaan anggotanya. Walaupun secara awarding belum juga menghampiri SBB, paling tidak ini bisa jadi penghargaan yang ga kalah ngebanggainnya; kami bangga menjadi anggota SBB!



materi ini akan di jadikan digital book dengan judul GElaskosong, doakan rampung tahun ini...

[1] Nama lengkapnya CC. Febriono. Tercatat sebagai pelatih bertangan panas di SBB…Gggrrrrr !!!

[2] Istilah halus buat gembel-gembel kesenian di bulungan; PISS…

[3] Sebutan teater indiepandent buat gw.

[4] Salah satu opini yang di kutip dari orang teater di Bulungan. Namanya

minta di samarin H_ _ Y.

Tidak ada komentar: