halaman

Selasa, 16 Desember 2008

Dir. vol 1

Beberapa waktu lalu gue ikut workshop penyutradaraan di kemang, diadain sama komuunitas film Jeruk Purut. Dimas Djayadiningrat jadi pembicaranya. Sebelumnya ada sutradara juga (lagi-lagi gue lupa namanya) yang ngasih materi tentang "Iklan Hard Sales", karena gue datengnya telat jadi ga sempet nyimak dari awal. Sang sutradara ngasih gambaran gimana bikin iklan yang diminta agency dan client (si yang punya produk) dengan objective hard sales tapi tetap cerdas. TVC Iklan walls jadi contoh yang gue liat, si client unilever bikin kampanye 1001 kebaikan yang di dibagikan oleh Walls. disini di buat anak-anak yang kurang mampu dikasih makanan sama orang kaya, tapi si miskin harus dateng ke tempat bagus (mewah) soalnya mandatory Unilevernya ga boleh ada adegan yang kumuh; katanya TA mereka bukan itu. Sang sutradara ngasih rasional "masa yang mau ngasih malah minta orang datengin dia sih? dimana-mana kalo mau ngasih yang nyamperin lah". Alhasil si client (unilever) suka, dia nerima rasionalnya menurut mereka betul. Jadilah sang sutradara ngajuin board (istilah baru yang gue dapet, ini konsep yang di presentasiin) ke agency dengan setting lingkungan kumuh, si kaya dateng buat berbagi ke si miskin.
Gue sempet kagum gimana ssng sutradara ini mamppu meyakinkan client yang pastinya ribet banget masalah birokrasi dan mandotory perusahaannya. dan dia juga ngasih beberapa contoh kasus yang sejenis. Ada kata yang bagus gue dapet dari dia "Pokoknya elu harus yakin sebagai sutrada kalo bisa bikin bagus (menurut insting) terus kejar sampai hasilnya bisa elu capai, kejar terus". Dia kayanya aga filosfis, sayang gue ga sempet nginget beberapa omongan pentingnya.

Tidak ada komentar: