halaman

Kamis, 10 September 2009

Di depan banyak pasang mata

Ada di balik komputer dan di depan banyak pasang mata buat performance. 2 hal berbeda gue jalanin. Yang satu lebih memilih "hening" dan asik sendiri, yups... kala lagi di balik komputer gue jarang kerja pake musik (salah satu "hening" itu). Gue lebih suka ngobrol sama pikiran gue, lebih merasa nyaman kalau sepi... Begitu ada di depan banyak pasang mata, gue muncul sebagai sosok yg beda lagi. Keduanya mengasikkan...

Ada di depan banyak pasang mata buat berbagi cerita dan pemikiran lewat presentasi atau apalah itu sebutannya gue selalu merasa antusias buat ngelewatinnya. Berasa semua Indra yg gue punya diajak buat peka dan bekerja keras. Di situ gue merasa harus bisa mengkobinasikan semua Indra yg ada. Di situ juga gue di tantang buat membuat "suasana", membuat komunikasi gue mengalir tanpa perlu jadi pengkhotbah...

Entah kenapa, mungkin panggung lah yg membuat gue merasa nyaman ada di depan banyak pasang mata. walaupun saat ini masih belum mau ngejajal panggung itu lagi (teater). Beberapa tahun terakhir gue dapet kesempatan untuk berbagi lewat presentasi.



...
Sampai detik ini masih belajar untuk membuat presentasi yg bisa persuasif, ini gue dapet dari dosen Ulani Yunus (salah satu dosen yg gue kagumi). Nyatanya masih susah juga hehe... Kalau melihat presentasi yg bikin "bergetar" gue melihat Arief Budiman ada disana, baru 3 kali sih ngeliat dia presentasi tapi huhuuuy yahuud! dia mampu bikin orang yg ga tau dia jadi penasaran pingin tau... bisa bikin kejutan-kejutan disaat performance, bisa naklukin suasana dan ga tenggelam sama audiance-nya... my hero lah.

Gue mungkin belum sebanyak mas Arief dan Ibu Ulani buat berbagi, mungkin belum ada sekelingkingnya kali. Sungguh tulisan ini hanya untuk mengingat..hehe
Materi presentasi "Lebih enak jadi laki-laki atau perempuan?" dari ibu Ulani buat gue, bagi gue menantang. Terus gebrakan presentasi an-konvensional di kelas pak Harry juga gue suka, semua pembicara pake topeng.

...

Hampir setiap tahun gue dapat kepercayaan buat "berbagi" di depan mahasiswa baru, tahun pertama di kampus gue berbagi tentang karya "Maskman" yg dapet silver di pinasthika tahun 2006. 2 tahun setelah itu dapat kesempatan berbagi di depan mahasiswa komunikasi interstudi , "Jer Besuki mawa beya" menjadi topik gw saat itu. di tahun yg sama gue juga berkesempatan berbagi kembali ke mahasiswa baru di MOS, topiknya "Provokatif Proaktif" ini gue ambil dari judul albumnya Panji, jauh sebelum orang-orang tau dia kayak sekarang... terakhir waktu MOS tahun ini "Yuk! Belajar jadi pelacur" menjadi topik gue.

Satu hal yg gue percaya saat ada di depan, gue lagi menyampaikan informasi ke orang yg hidup. Gue ga sependapat kalau buat menghilankan ke gerogian menganggap audiance itu batu..huuh!
mereka hiduup!

Tapi baru kemarin rasanya setelah presentasi (yg katanya seminar) gue dapet fee. Aneh! cuma itu yang ada di pikian gue, walaupun amplop itu gue terima tapi tetep berasa aneh (sampe lupa ngucapin makasih malah). Saking bingungnya... Dody pun berkata "wah mas taga sekarang kok jadi komersil???". Iya ya dod? sebetulnya gue dateng buat bebagi kan sebagai mahasiswa, sesama mahasiswa malah... kok ya malah dapet fee. Inikan bukan komersil, semata-mata atas nama kebersamaan. Kata siapa kebersamaan itu ga ada. Emang naif, ga menerima di bayar. Kalau dalam kondisi yang betul-betul seminar dengan di undang dari yayasan kek mungkin pantes... ah ga  juga sih. Gue inget betul Arief Budiman bilang gini "silahkan materi presetasi saya bisa di ambil nanti, karena sbenarnya ilmu itu gratis". Yups! dalam hal presentasi atau berbagi kayaknya gue belum sampai tahap itu; dibayar. Asli ini murni dari hati, panggilan yg emang gue suka.

"Dalam hidup ini ada 2 hal yg suka. Cinta dan Musik. Gue ga mau itu dibayar dengan apa pun, karena itu biar tetep mahal buat gue. Ga ada yg bisa ngebayar ke sukaan gue" Ijong pernah bersabda begitu ke gue dalam sebuah obrolan yg khusyuk di temani sama EsTea.

tapi nyatanya gue terima juga tuh walaupun rada ngeBlank! akhirnya hari itu gue bagi duitnya ke aloy dan reggy yg nemenin gue presentasi. Terus gue ajak mereka nonton dan main di amozone, ga lupa ngajak Upul gabung.. buat gue itu bukan milik gue sepenuhnya. Sekali lagi ini TULUS.

Ada hal lain yg gue kerjain dan patut untuk dibayar.

Senagnya kembali menjadi anak kecil, bisa lompat-lompatan....

1 komentar:

yourboss mengatakan...

LANJUT GAN...!!! nice 'sharing' btw, bisnis spears kite kbr2i yo baaangg.. hehe.. maap lahir bathin bro..

tertanda,


MAJIKANMU (Ade) :p