halaman

Kamis, 27 Agustus 2009

semangat! semangat! semangat!

Salah satu yg bikin bangsa ini sulit dari dulu menurutku, kita gampang di adu domba. Tak-tik lawas yg di pake belanda ini kayaknya memang jadi ramuan terjitu buat bikin kita terus sulit. Sampe melilit.
Bahasa kekiniannya; gampang di provokasi.

Keberagaman yg membuat bangsa ini kaya justru menjadi titik terlemah buat bangsa ini, Perbedaan memberikan ruang yg sangat mudah buat di susupi. Kecintaan yg berlebih dari keberagaman yg ada seolah membuat semuanya merasa paling agung; paling-paling deh...

Ujung-ujungnya gambang di sulut. Ga usah jauh-jauh ngomongin bangsa ini. Tengok di penjara, sebuah lembaga yg sangat kental sama sebutan etnis. Sesama etnis saling bikin benteng, siapa berani nyenggol urusan bisa panjang. Itu pejara loh, gimana di tempat yg lain.

Adu domba sempet jadi lirik dari bang Rhoma tapi kayaknya ga cukup tuh buat ngingetin bangsa ini yg suka sama dangdut. Tetep panggung dangdut mudah jadi arena perpecahaan. Lagi-lagi karena fanatisme yg berlebihan. Salah sikut bisa di gebokin. Belum lagi fanatisme dari organisasi keagamaan yg bisa menghancurkan alat-alat sewaan di panggung sampe kepala si punya acaranya.

Adu domba juga jadi santapan media, mereka seneng kalo ada pihak yg bisa di provokasi. dari mulai klub bola sampe artis yg riweh sama urusan perceraian. Ujung-ujung ya ribut, media yg seneng. Rating bisa naik, berarti iklan banyak yg pasang spot. Siapa yg pinter? ya ga ada menurutku. Tetep aja tak-tik itu mudah kemakan.

Di belahan lain bangsa ini, tetep tuh antar suku sering ribut, apa bedanya sama zaman belanda dulu. Ga ada bedanya, kalo dulu ha Facebook ya sekarang ada. Masalahnya tetep sama orang kita mudah di adu domba.

Kenapa?
Ke berbedaan antar kita cuma sebatas di mulut, tapi ga sampe ke hati. I LOVE INDONESIA tapi apa hati kita juga bilang gitu. Tindakan kita lebih penting dari pada 1000 ucapan dari mulut. Tapi tindakan yang pake urat juga kalau salah tempat malah bikin kita terlihat bodoh, orang-orang yg mudah di sulut. Kalau ini memang sudah suratan, kenapa kita ga mau merubah? kalau memang bangsa ini di kutuk jadi bangsa yg ampuh di adu domba kenapa kita tetep ga sadar juga?
kenapa?

Aku cuma tau domba itu juga punya kelemahan. Pasti. Buktinya ada pengembala yg bisa bikin domba-domba nurut buat makan dan hidup teratur. si domba-domba tadi juga ga berantem, karena mereka tau ngapain berantem?
dimana yah pengembala?

Tekatku, aku ga mau di adu domba. Aku mau jadi pengembala yg bisa mengatur domba-domba di diriku.

Tidak ada komentar: