halaman

Selasa, 11 November 2008

buKamar : Copy Cat = Bagus, Bikin Sendiri = Baru


Zaman SMA gue rada cupu kalo pas ngebet, kata Nato "elu mah payah ngebet aja takut!". Ngebet atau nyontek emang jadi ajang kreativitas dan uji nyali bagi anak sekolahan, mungkin juga kuliah.
Dari hal yang remeh-temeh sampai yang gaya nyoteknya ala mafia, beli soal. Ga tau kenapa hebat bener orang kita kalo mau pake jalan pintas. Serba Instan.

Gue juga ngomong gini karena pernah ada di sana, dengan mengalami dilema dalam proses kreativitas. Waktu SMP gue inget banget ngegambar karakter orang dengan hidung yang gede (contohnya ada buku tahunan SMP di cover kelas gue), alasannya saat itu cuma satu GUE MAU PUNYA CIRI KHAS!
Pas SMA gaya gambar gue berubah lagi, karena gue ga yakin dengan karakter gambar gue di zaman SMP itu. alih-alih gue menjadi copycatnya kartun panji koming, karakter gambar gue jadi kearah itu. Hidunnya, arsirannya sampe matanya...hahaha pokonya bener-bener kepengaruh lah. Itu pun ga berlangsung lama...

Kenal dunia komputer justru semakin menggampangkan karya, kalo ada tugas bikin gambar/ disain tinggal nyomot aja dari image bank yang ada, terus tinggal di komposisiin deh...beruntung gue melihat chief gue di republik sinema saat itu (Alloy) kalau bikin sesuatu pasti dikulik lagi. Mau teks doang kek pasti dia kulik lagi, agak di gedein lah salah satu fontnya atau bagian ujungnya rada di tarik lah pokoknya hampir apapun yang dia buat ga pernah PLEK! dia tempel, semuanya di sentuh lagi. Emang pekerjaannya jadi rada lama...tiba-tiba gue keinget masa SMP gue, CRIIINGGGGGG........(ceritanya efek flashback). Gue pernah berperinsip ga apa gambarnya jelek yang penting buatan sendiri bukan nyomot dari orang.

Saat ini di saat dunia pekerjaan menuntut hal yang serba instant sering banget gue pake tamplate yang sudah ada, prinsip itu semakin luntur. Pokoknya sekarang yang penting cepet dan semakin menjadi copycat...buka-buka karya orang laen di internet terus berusaha bikin yang kaya gitu, padahal ga bisa juga hahaha...aneh gue

Gue aneh sama diri gue kok ya jadi berusaha menjadi orang lain, berusaha bikin karya orang lain. Ngeliat buat jadi referensi perlu biar mata kita melek dan hati kita kaya tapi ngapain jadi orang lain? Susah banget emang ngelepasin segala atribut tukang nyontek ini, bawaannya jadi harus ngeliat karya orang dulu baru pede bikin karya sendiri. sibuk banget nyari bentuknya gimana tapi bukannya nyari isinya dulu. Bukankah esensinya yang penting bung? dari pada bentuk oke tapi ga berisi, mentok-mentoknya di bilang orang bagus tapi "eh mirip itu yah, mirip sama punya itu loh...".

Video clip betals yang gue bikin jadi delema terbesar gue antara menjadi copycat dan berusaha keluar dari mental KACRUT NYONTEK itu hasilnya yah tetep aja tukang nyontek, ya tukang nyontek!
Di video clipnya maureen gue berusaha ga banyak referensi, bikin berdasarkan apa yang dirasaain, jujur buat mengimplemetasikan gagasan gue ke bentuk visual. Walaupun secara isi masih dangkal tapi gue berusaha untuk tidak terus (selamanya) jadi pengekor kucing, jadi penyontek tetep aja di bilang tukang nyontek buakn tukang bikin hal yang baru; orisinil.
Dilema banget karena di tahun 2008 pasti udah banyak hal yang keulang kan. apa masih ada yang orisinil, yang betul-betul asli. karya yang kita buat ga sama kaya orang lain. Pingin bikin semuanya sera sendiri, tapi kemudahan ada hehehe itulah yang bikin rasa kreatif kita mati karena rasa manja dan kemalesan itu. Aduh pusing gue!

Tulisan ini gue kutip dari Budiman Hakim karena dia ngulang-ngulang terus kata-kata ini dan akhirnya begitu mengiyang-ngiyang di kepala gue (kepala apa otak gue yah??). "Sudah waktunya kita jangan terlalu melihat keluar. Lihatlah ke dalam. Daripada mengikuti apa yang orang lain lakukan, lebih baik kita mencari apa yang orang lain belum lakukan. Lahannya tentu ada di dalam negeri kita sendiri. Ada begitu banyak budaya dalam negeri yang belum kita gali"
MAMPUS dah gue...

Tidak ada komentar: