halaman

Minggu, 09 November 2008

Takut sampai mengkerut

Gue jadi mikir apa jangan-jangan orang Indonesia itu udah terbiasa dengan hidup yang ga berani. Jangan-jangan asumsi Budiman Hakim tentang anak kecil di Indonesia yang dikit-dikit dipegang orang tuanya ada benernya juga.
Katanya di Jerman anak kecil di biarin ibunya buat jalan di mal sendiri, Ibunya cuma ngeliatin dari jauh. si anak di biarin bisa mandiri dari kecil. Bahkan dia diajarin tanggung jawab, kalau sampai lengah dia bisa ketinggalan orang tuanya atau bahkan mungkin hilang.
Anjrot! gue (waktu kecil) atau bahkan keponakan gue kalo ke toko dipegangin sama orangtuanya. Takut bikin onarlah, takut nyenggol lah atau takut hilang di toko...hehehe emang ga bisa di samain antara di Indonesia sama di Jerman. ini bukan cuma masalah budaya tapi pola pikir antara jerman dan Indonesia. Jadi kenapa banyak orang Indonesia yang penakut? apa karena dari kecil kebiasaan di pegangin? apa orang indonesia tuh kebiasaan dituntun baru berani....gedubbbrraaakkK!
Tadi siang gue ada UTS traffic, kelas gue dapet tugas mempresentasikan konsep kreatif dari produk terasi namanya mamasuka. masing-masing di bagi secara berkelompok dan disuruh cari ide iklannya.
Agak di sayangkan ketika presentasi berlangsung kok ya gue merasa ada ketakutan atau mungkin (halusnya) kemaluan di siswa-siswanya... gue jadi inget kata Alex Abad waktu dia manggung sama Agliculture tadi "wuaduh gue garuk-garuk kepala mulu, ini tandanya orang yang ga punya kepercayaan diri!, emang gue punya masalah kepercayaan diri" yah emang ga mutlak bener juga, masa garuk-garuk di bilang ga punya kepercayaan diri bisa jadi emang belom sampoan selama setahun (Kriuukkkk!).
Tapi begitulah ada semacam pengalihan rasa takut saat temen-temen gue ada di depan forum (kelas) buat presentasi...apa betul kampus gue ini "dangkal". Bisanya cuma repot-repot doang tapi begitu di suruh menjelaskan malah gagap. Budiman Hakim di pembukaan buku "Ngobrolin Iklan Yuk!" kalo ga salah bilang gini, kalo merasa ga percaa diri ikut teater...huahahaha asli gue nyengir pas bacanya. sedahsyat itu kah tetaer??
jadi kenapa bangsa ini penakut....serba sibuk becanda. Ini semua bikin kepala gue jadi asik berwisata mencari jawaban di tengah malam yang gerimis ini (apa kabarnya yah band Malaysia itu??).

1 komentar:

usan_1892 mengatakan...

ga' terasi bikin pusingg nih..bantuin dong.
hwaaa. susah bgt nyari profilenya..fauzan