halaman

Rabu, 21 Januari 2009

Ku Ingin... Kita Harus...Me..???

Zaman gw SD tim sepakbola kita hasil dari pelatihan di Italia, Primavera. Ada Kurniawan dan Indriyanto. Gara-gara itu gue suka sepakbola Indonesia. Terus berlanjut dengan gol saltonya Widodo C Putra, keren banget waktu di piala asia (tahunnya lupa), era itu ada Ronny Wabia, Rocky Putirai dan Kurniawan juga masih ada.


...


Setelah itu silih berganti sampai di eranya Bambang Pamungkas dan Boaz. Kemarin tim kita seri lawan Oman. Ceritanya gue mau jadi komentator sepakbola (cirinya : lebih pinter dari pada pemain bola), di babak awal masih keren. Semangat ala vietnam, permainannya cukup terarah sayangnya itu semua ga berlangsung lama, dipertengahan babak pertama sampa akhir babak ke 2 Indonesia gampang banget buang bola ke depan, kaya ga ada nyali buat bangun serangan... atau emang udah pada cape. Pelatih Thailand kemarin pas di AFF kalo ga salah ngasih komentar "Indonesia itu mainnya bagus tapi main bola kan 90 menit.." kayanya stamina kita masih payah. 

...


Waktu SMP gue pernah minta ke almarhum bokap buat di masukin ke sekolah atlit di Ragunan kalo lulus nanti, karena saat itu gue lagi getol-getolnya maen bola. Sampe punya klub bola di SMP gue; Pabels. hehehe... tapi bokap ga ngasih, dia bilang biarlah sepakbola jadi hobby, cari bidang lain untuk pegangan hidup. Runtuhlah impian jadi pemain sepakbola itu...

Sebetulnya banyak pemain yang berbakat di Indonesia, zaman gue SMP aja ada temen gue yang bertehnik di atas rata-rata. Ipien atau Imam... tapi ya itu cuma sebates main dan ga berlanjut, Ipien emang anak SSB (ASIOP) makanya mainnya keren tapi pas SMA udah ga kedengeran lagi, Gimana yah banyak yang berbakat tapi ga tersalurkan atau dibina.

Banyak orang bilang segitu susahnya nyari 11 orang di Indonesia buat jadi tim nasional yang solid, padahal penduduk indonesia jutaan. Gue sih yakin di pelosok negeri ini banyak yang bertalenta, banyak yang punya mimpi jadi pesepakbola handal. Sayang amat disayangkan.



Ini masalah pembinaan dan kesempatan (kejelian juga)


Mungkin banyak yang bertalenta tapi ga tau harus nyalurinnya kemana, mereka juga ga tau harus mulai maen bola yang "bener" kaya gimana. Akhirnya maen doang tanpa belajar taktik


...


Balik lagi ke eranya Primavera, kemarin gue liat di TV tim nasional U-16 kembali berlatih dan ikut kompetisi dui Uruguay selama 3 tahun kedepan. Tahun kemarin program ini sudah berjalan. Mudah-mudahan ini jadi next Primavera (dulu Kurniawan itu lawannya Del Piero di kompetisi primavera), nah Del Piero udah kemana kita masih aja di sini???

Bisa jadi tim U-16 juga ngelawan next-nya Recoba di kompetisi itu. 


Anehkan tim U-14 terus U-12 Indonesia tuh diperhitungkan, di piala danone tim bocah-bocah kita pernah juara... Nah setelah itu pembinaannya kaya terputus... atau begitu pulang dari pelatihan di luar negeri mainnya di Liga yang "adu otot" (Liganya kita) doang, bukannya adu taktik kaya kompetisi yang mereka ikutin diluar negeri...


semuanya terputus di tengah jalan, bakat yang luar bisa terbuang percuma. Begitu mereka di butuhin di tim senior mereka udah melempem... (kaya kerupuk???)

Pokokknya pembinaan dan kesempatan di usia dini itu patut di perhatiin, saya terkesan sama (almarhum) Ronny Patinasari, dia ngebangun ASIOP untuk itu. Harusnya ini menjadi estafet...


Jangan sampe bakat luar biasa anak-anak Indonesia jadi melempem, lembek.


Aku untuk Negeriku, Bugiakso Blog Competition 2009

9 komentar:

Anonim mengatakan...

waduh bola gua sering bgt ni dikucilin temen2 gua gara2 ini klo lg nongkrong ngobrolin bola mending gua nyingkir"eh si jonalono jd lho masuk club ini"
"mantap ya man smalem golnya vandesar dari sayap tengah" duh pusing gak ngerti dari mana start ngikutinnya. sempet jg ikut2an maenan futsall ya nyari kringetlah fakingsitlah jd keeper juga dengan alesan postur agak tinggi. yaudahlah maen WE (winning eleven) aja enak...hayo2 ngadu hayo2?

Anonim mengatakan...

wah, lagi2 ulasan yang menarik dari bung taga...

kalo ngomong soal sepakbola indonesia emang ga ada abisnya, selalu ada yang namanya 3G : Gemes, Gelisah dan endingnya kita cuma Geleng2 kepala aja...

masalah pembinaan bukan cuma permasalaha utama sepakbola di indonesia, bukan cuma pembinaan teknis semata, tapi juga pembinaan mental. hampir setiap timnas kita ngelawan tim yang lebi jago kita selalu ditakut2in kalo lawan itu posturnya lebi tinggi, peringkatnya lebih bagus, pengalaman n blablablabla... akhirnya jadi takut beneran, kalah sebelum nginjek rumput lapangan...

kalo selalu dihantui oleh pikiran2 kayak gitu jadi apa kabar jepang, mexico ato thailand sekalipun, lalu apa kabar juga timnas junior kita yang bisa jadi juara dunia seperti yang dibilang bung taga? semua kembali ke masalah mental, anak2 U-12 itu bermain tanpa beban, polos sampe akhirnya juara lalu pas uda menginjak usia 20an mereka melempem kayak kerupuk basi... ada apa gerangan?

dalam pembinaan, mental n gizi baik gizi badan dan gizi otak juga perlu dibina. inilah yang jadi kelemahan kita, para pembina itu cuma membina urusan ngolah bolanya aja sementara hal lain berupa 'pendukung' lain di luar bola itu penting

jadi teringat, saya juga anak AS-IOP, saya melihat dan menyaksikan lagsung bagaimana (alm.) Ronny Pattinasarani ngelatih, bahkan dia pernah bermain bola sambil ngisep rokok, tehnik dan otaknya tetep jalan (bisa diambil kesimpulan kalo dia lebih hebat dari johan cruyff yang juga ngerokok)

bayangin, walopun yang dicontohkan (alm) Ronny patti itu ga bener tapi kita bisa ngeliat sisi lain disitu : main pake otak, staminanya luar biasa, kepercayaan diri yang tinggi dan keyakinan bahwa dia itu salah satu legenda sepakbola indonesia, jadi doi PD PD aje...

so, dengan berjuta talenta dan keunikannya, indonesia ga akan kehabisan bakat sepakbola, minat bola kita ngelebihin negara manapun di dunia.. seandainya PSSI dikelola orang muda yang profesional dan mumpuni, mungkin semangat muda yang selalu tertantang akan membuat timnas indonesia jadi lebih bernyali (jangan cuma taglinenya doang yang 'maju tak gentar')

bukan begitu bukan?

hehehehheehehh

Anonim mengatakan...

'bola itu bundar..saya percaya"ini adalah kutipan dari kalimat pelatih timnas saat ini(Bendol)saat timnas hancur lebur dihantam 'badai bola' di perhelatan AFF 08.Selintas perkataan itu memang terlihat arif untuk memberi komentar kualitas timnas,namun sebenarnya itu hanya pantas untuk di utarakan pelatih tarkam.Indonesia adalah puzzle,jadi kita sudah di beri gambar yang jelas tentang kualitas akan tim yang solid.Ini memang terkesan agak ke-sukuan,tapi memang ini kenyataannya.Ada sumatra yang terkenal dengan kiper dan bek tangguh,jawa dengan penyerang dan pemain tengah hebat,sulawesi dengan gelandang dan penyerang mumpuni,papua dengan kecepatan pemain tengah dan sayap yang tangguh.Kita jadi heran ketika pelatih lupa memasukkan nama pemain yang cukup pentig dalam tim(boaz,ricardo,kasus AFF 08).Yang jadi pertanyaanya adalah apa kerja pelatih timnas kita kok gak bisa lihat pemain berkualitas.Mungkin saat ini kita sedang di tukangi oleh pelatih yang mengidap penyakit "Katarak bola permanen"...?atau masyarakatnya yang mengidap peyakit "katarak pelatih permanen"....Indonesia Raya,Nusantara Raya....kita terlalu sering melupakan betapa pentingnya berusaha untuk menjadi pemenang,walau itu hanya untuk para supporter yang datang ke stadion dengan ikhlas tanpa di suruh petinggi sepak bola negeri ini....."Kami yakin bola itu pasti bundar"...jawab rakyat Indonesia.....

Anonim mengatakan...

Emang kalo ngomongin sepakbola Indonesia tuh ga ada abisnya...
ada ajah,

Tapi gimana caranya maen bola sambil ngerokok yah???

Bung lanang nanti ta kasih liat gue bikin di WE tim nasional Indonesia, udah ada di sawo ketjik... tar gue posting dah

Anonim mengatakan...

HOHOHO...
ehem..bola..wah pakabar bola yakkk.
knapa kata ini.."bola" mpe bisa didomain ma sepakbola...padahal kan masih ada bola-bola lainnya..y, mungkin itu salah satu masterpiece dari olahraga, permainan, hobby,,lifestyle..yg paling merakyat ini..

hanya berbekal telanjang kaki..dan uwel-uwelan kertas..maka jadilah itu benda yang dipaksakan menjadi.."bola"


hmm....pabels...
heyy...kalo inget bola..inget gelar itu brow...!!!
karakter troublemakernya mang masih melekat tuh di aye...cantona..hahah..?!??!?!

anyway...keyword yang bikin rin jadi nulis komen disini..y tadi,,,
kangen euy...nonton bola samping lapangan..tereak2 g jelas,,,bw2 minuman or obat2an..hihihi..--apakabar yak shearer, soulmatemu itu--

di sma...teteb doyan jg..tapi karena g terlalu dekat ma komunitas bola,jd penikmat jarak sedang ajah..

d kuliah...
hahaha...dengan lebar jilbab g ngaruh juga bikin aye malu..teteb suka tereak2 jg..tapi mungkin lebih manis..alah apa itu..

anyway..ni komen apa numpang ngeblog yakkkkk......????????#@$?@%

yaa..anyway..dari dulu mpe sakarang
yang namanya makhluk maujud bang taga ini...
yang kayakna tercipta GAK BISA GEMUK ini...always nyeni n beda...

mpe2,,posting blog caranya ngomen....



^^v

Anonim mengatakan...

dulu gw suka bgt maen bola...menurut gw maen bola adalah salah satu pelepas stress yg paling mujarab....mengejar bola bundar pada saat maen, pikiran gw cuma tertuju sama satu bola itu saja....sayang bgt sekarang maen bola itu mahal...lapangan udah jarang di perkampungan...masuk lapangan sekolahan udah terlau ketat dan gak bisa ditembus...malah kadang digetok satpam sampe benjol2...maka dengan ini gw pengen nyampein ke gubernur fauzi bowo...(halah...ngacooo)
tp intinya...sepak bola is fun, but a little expensive(sori gw sok inggris...itu artinya makanan kesukaan saya bakwan), teman2 gw suka nyewa lapangan yg harganya lumayan klo beli toge dapet sekarung...jd gw g pernah ikut...fun di kamus gw bukan berarti pemborosan(pelit..)
momen paling gw kenang nonton sepakbola lokal adlah waktu widodo salto ke kandang lawan di kejuaraan berskala internasional...gw lupa lawan siapa...menurut gw die pemain legendany indonesia...syang komuknya aga2 ga ens...(sori pemakaian bahasa planet)
btw tau widodo g?dia jualan cupang di pasar palmeriem....(halah...y enggaklah...itu loh pencetak 2 gol wkatu indoneia vs lazio belasan tahun silam)
begitu saja...sori gw ngalor ngidul dan ngasi komen panjang amat sih gw...

oia taga...ini salah satu penyebab anak2 indonesia jd melempem...ga ada lapangan...(dan sedikit kurang gizi tentunya)

Anonim mengatakan...

Masalah lapangan sih gue setuju bang Rei, gimana mau maen bola kalo lapangannya ga ada... sedikit meminjam analogi Alpat 01 "mau kesawah tapi ga bawa pacul".. tapi bukankah Brazil juga begitu??? Anak-anak kecil maen di pinggir jalan, diantara gang-gang (itu yang gue liat di TV). Tapi liat regenenerasi mereka berjalan... Kalo masalah gizi, Brazil juga pada ga kaya-kaya amet. Setelah mereka masuk club mungkin mereka dapet makanan yang bergizi, sebelumnya yah ga jauh beda sama kita..

Bagi gue ini juga masalah mendasar bung! MENTAL, mental negara juara dunia sama negara yang ga bermental juara. Brazil punya keyakinan, punya nyali dan punya motivasi. Apa itu ada di kita??? Kita cuma sibuk ngoceh (kaya gue ini...!!!) tapi kita ga punya mental. Mental sebatas atribut, tapi ga di sematin di jiwa raga... gimana mau lahir Romario dari tanah ini, gimana akan tercipta Legenda Pele dari Indonesia kalau mental kita bukan mental Juara.

Kita lebih seneng main ngotot dengan otot. Bukan main bertehnik dan bermotivasi tinggi! Mental kita bukan mental juara dunia.. mental kita masih kalah sama kepentingan bonus. Kepentingan Materi... Liat Fabio Capello dia mau pemain yang masuk tim Inggris punya rasa bangga sama bangsanya, punya hasrat buat main di tim nasional. (gue ga tau mereka di iming-imingi sama bonus apa ga?). Lihat hal itu yang di bangun, MENTAL. Sebuah kebanggaan!

Kapan Jakarta (Indonesia) rakyat berpesta tumpah ruah di jalan ngerayaain tim Nasional kita juara salah satu Event. Dari dulu gue mau ngerasain nuansa kaya gini; eforia kemenangan.... tapi ga pernah tuh kesampeaan????

tapi kita harus yakin, Mental kita yang harus di bina,
Jangan cuma jadi bangsa yang ga punya mental JUARA!

Anonim mengatakan...

salam...

hmm.jadi tertarik ngikutin ni blog..

baca punya bung rei,,,jd ingetin aye langsung ma panorama unik n nyentuh,,ktika lg di pojok damri jatinanagor-dipati ukur...

alhamdulillah bgt waktu lampu pas merah..jadilah aye lagi2 menyantap peradaban skitar..

ada tukang ngamen -atw mungkin tepatnya mahasiswa lagi ngobyek, krn lagu2nya bow..oasis, blur..dgn warna vokal dan dentingan gitar yang yahud, lagian mana ada pengamen pure pake puma asli baju kakinya..bs aja c hee-

dah y deskripsinya..meliat keluar damri..tepi lampumerah persis..di atas trotoar sempit dan ala kadarnya...tiga bujang tanggung asik menggelindang-gelindingkan si kulit bundar..

jadilah topik obrolan aye ma sebelah duduk..

"wah..parah..ntu trotoar apa lapangan yak...?!?...bisa dipake maen bola.."

"yaah..potret kota bandung,,dan kota-kalo mang udah layak masuk definisi ilmiah kota- besar lainnya...gada ruang publik...gada ruang dan fasilitas olahraga...wajar tubuh rusak..mental moral jg kbawa g sehat..."

"jadiin judul skripsi..boleh jg tuh..."

"hahaha..ya bener...korelasi kesehatan fisik terhadap kualitas manusia indonesia..tp tampaknya ga ipe banged.."(ilmu pemerintahan_red)

"at least..klo gw bawa handycam..maw gw rekam tuh..bukti2 ngenesin...hobi2 dan talenta2 yang terbengkalai dimana2..."

"yah makanye..tuh skripsi kelarin cpet..gidah urusin tuh,,bikin kbijakan yang pro rakyat dan ga cuma bikin2 proyek g jelas n latah tekno.."
(maksudnya busway di jakarta kali'...)



hmmm...
boro2 masuk lapangan bola sekolah terdekat rumah...untuk aktivitas yang positif..

wong masuk sebuah skolah negeri untuk numpang sholat di musholanya aja,,,reaksi satpamnya masih selidik...yah..wallahualam c..


anyway...yuuk, smoga dari crita...posting disini...ide2 gila _baca:brilian_ di sini....
bisa jadi solusi konkretlah...

minimal dari pikiran...berkata..menulis...blanjut pada bgerak..

indonesia bisa jadi INDONESIA..




**bang tagaaa...hehehe..puenteeun pisaaan yak...suka ngalor ngidul hehe**

Anonim mengatakan...

hmmmm...gw jadi sedikit bingung...gw bang atau bung nih...atau bang bing bung...hehehe...
tp bener jg sih...apa emang mental kita yg nggak ada?padahal klo ngeliat potensi kita amat kaya dengan pemain dari berbagai suku...gw suka dengan yg dibilang maintenan yg di posting di atas..."indonesia adalah puzzle"...klo disusun dengan benar tentuny akan sempurna...jd menurut gw mental juara indonesia udah ada sebenernya...tp kurang merata aja...mental adalah sesuatu yg tertanam...tentunya klo tertanam ada yg menanam...jd akan lebih bijak klo sama2 kita tanamkan...
walaupun gw ga begitu suka nonton bola (gw lebih suka maen bola), tp gw masih inget waktu kmrn indonesia kalah lawan apa gtu udah lama..gw lupa...tp gw menikmati bgt elie eiboy(bnr g sih namanya?pokokny nmr 8 waktu itu) mati2an mengejar bola sampai pertandingan selesai...gw salut dia masih pny semangat yg tersisa sampe abis...sementara temen2ny uda pada ngaco mainny...gw nonton ini sambil dengerin sodara2 gw ketawa2 komentarin pertandingan yg kykny mereka anggap ga "mutu" itu...setiap komentatorny ngomong "salah pengertian..." mereka ketawa...malah ada yg nanya "ini lagi pada ngapain?ohhh...maen bola..."parah kan...
jd balik lagi...maksud eike bok...ini yg ngebedain kita sama brazil seperti yg dibilang bung taga...Mental kita gak ada...tp mungkin lebih cocok mental kita masih kurang...kurang dukungan dari orang2 seperti sodara2 gw itu...di brazil sepakbola itu budaya...mereka dapet dukungan dari segala lini...semangat yg ngebentuk mereka datang tanpa kecuali...tanpa syarat...dan bibit sepakbola brazil datengnya dr pencari bakat yg nyari gak cm ke klub2 bola...tapi juga nyari di kejuaran2 TARKAM...(pernah nonton goal g?)..di Indonesia apa seniat itu?toh kejuaran TARKAM aja udah ga ada kan...klo ada pun jarang bgt...blik lg ke postingan gw yg dulu"g ada lapangan", mereka yg bener2 hobi bola musti ikut klub dulu yg rata2 udah stadion lah lapangannya...itu pun mereka yg mampu...
jd menurut eug Indonesia, kalah atau menang... nonton atau g nonton(minimal baca koran lah), paling tidak berhentilah kita ngejudge kekurangan kita...berhenti tertawa atas apa yg sedang mereka perjuangkan...lalu tepuk tangan dan mulailah menanam MENTAL tersebut dan sebarlah seperti benih yang ditebar petani(kenapa petani?karena petani bg saya figur orang indonesia no1,bgn subuh trus ke sawah dan kembali petang...begitu dari jaman bahala...)


dan gw juga salut tuh sama bung taga yg ngajak2in semua orang untuk nonton pertandingan Indonesia di senayan...inilah yg namanya menanam...klo petani lo panen terus kli ga...next time ajak2 gw y...klo indonesia lawan kongo...okay..