halaman

Kamis, 29 Januari 2009

Melangkah

Beberapa waktu yang lalu mas lananglega sempet ngirim BIMA versi robot, dari situ gw merasa ada hal penyesuaian dengan zaman. Bimanya jadi lebih modern, tapi ngomong-ngomong GADAnya mana yah? khasnya Bimakan gada (senjatanya) selain kukunya... Kira-kira kaya ape tuh gadanya??

Tahun lalu gue dapet kabar, temen di bulungan ikut terlibat pembuatan film animasi Indonesia.. Bukan project yang di Batam (judul filmnya lupa), Kalo yang di Batam tenaganya banyak dari Indonesia tapi filmnya diedarin di luar buakn di Indonesia. Nah temen gue itu; Angki. Terlibat film GUNDALA PUTRA PETIR. Rada dingin sih gue menanggapinya.. walaupun menganggap keren juga yah?? Nah kabar itu sekarang mulai beredar di internet coba aja klik http://www.facebook.com/pages/Gundala-The-Movie/35509588493 atau di http://id.wikipedia.org/wiki/Gundala. Sampai di sini juga ada http://www.kapanlagi.com/h/0000229145.html yah selebihnya coba tanya mas google dia lebih tau tuh! hehehe

Godam

Gue sih bukan lahir di zamannya Gundala atau Godam. Sempet tau itupun pas masih kecil banget, belom bisa baca. Di tahun 1960 sampe 1980an awal Gundala Putra Petir jadi fenomenalah, diantara superhero bule Gundala berhasil dapet tempat di hati penggemarnya. Nah gue ga tau banyak tentang Gundala tapi jadi penasaran gimana generasi sekarang "ngebangkitin" lagi Gundala; patut di nanti.

Kembali ke topik yang dulu; Budaya. Komik atau film bisa banget jadi medianya, superhero itu jadi alatnya. Ngasih tau tapi ga perlu ngeguruin. Kerennya sih masih ada Indonesianya di ceritanya. Mau latar belakangnya, tokohnya atau kostumnya... Kalau masih ada akar "local content"nya mau di kemas kaya gimana tetep unsur budayanya bakal kerasa. Patut rasanya ini di jaga, di bina dan pastinya di dukung. Jangan dikit-dikit udah keki duluan "Ah paling filmnya gitu, masih kalah sama superheronya Marvel" atau "Ah paling sok ikut-ikutan film amerika doang, kitaka bisanya niru". Waduh kalo belum apa-apa udah di kaya giniin, gimana yah? kapan kita melangkah kedepan?

Caroq (Komik Indonesia di tahun 2000an, cuma 2 edisi. Bangkrut! Sungguh di sayangkan)

Gue pernah ngerasain, kerja begadang-begadang. Bikin visual Fx yang pol-polan. Tanggapan orang "Ah keliatan boongannya, ga kaya film luar!".. yah emang jelek sih bikinan gue tapi aduh mak! kapan orang kita bisa ngehargain yah??? Mungkin emang jelek, mungkin emang butuh belajar lagi, mungkin butuh dikasih fasilitas yang lebih canggih lagi...  moso yo kita ga bisa saling menghargai.

Mudah-mudahan apapun hasilnya GUNDALA nanti, kita bisa menghargai. Mendukunglah! bikin film animasi tuh biayanya gede kalo ga di dukung ntar ga ada lagi yang mau bikin. Bisa-bisa kita terus ditempat yang sama; kapan kita melangkahnya?? 

Aku untuk Negeriku, Bugiakso Blog Competition 2009

5 komentar:

Anonim mengatakan...

yup emang bener kata lu ge, sebagian besar orang emang susah menghargai hasil karya...reminds aja waktu kita bareng nguprek2 fx buwat segala macem tayangan,bicara kualitas kita emang jauh dibawah animator holywood sono (hidup itu khan proses toh), tapi bicara kerja keras mungkin kita bisa diatas mereka.

nah segaris lurus ama caroq diatas gw pikir selain faktor kebangkrutan mungkin karena faktor kurang menghargainya sebagian dari kita, asumsi awam pastinya bilang "hah...komik khan buwat anak kecil", kalo gini mulu mah ampe kiamat kubro juga kagak bakal maju

so the point is, gimana caranya biar superhero lokal bangkit dulu, tanpa asumsi miring n beri appreciate yang maksimal ke para pembuatnya...

pepatah bijak bilang kalo bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya, mungkin sekarang era pahlawan super lokal yang kudu ikutan dihargai (mungkin)

well this is the homework

semangat!!!

Anonim mengatakan...

Kalau kata temen gue yang penting dedikasi dan sedikit mimpi (jangan banyak2 entar keenakan bobo). Biarpun elo kerja untuk siapa dan dimana aja, kalau dedikasi elo untuk suatu bidang sangat tinggi, elo pasti akan berusaha membuat ciptaan elo semakin bagus dan bagus lagi. Kadang-kadang penghargaan itu gak terlalu penting buat orang-orang yang berdedikasi, dan anggap saja cibiran dan cemoohan adalah sebuah masukan, memang ciptaan kita masih jelek koq. Dari situ muncul semangat untuk selalu memperbaiki hasil karya cipta kita.

Anonim mengatakan...

ada gatot kaca gak yaaa

Anonim mengatakan...

Hehehe emang udah lama sih ga muncul tokoh wayang yang satu itu Bung BABEGUE (salam kenal Bung). Apalagi di jadiin Film...

Terakhir saya liat tokoh ini di pentasnya teater Koma bulan lalu..

Anonim mengatakan...

gua setuju, orang2 kita banyak yg ngehargain karyanya... soalnya itu pengalaman pribadi (hehe.. jadi malu gua )..tp intinya kita harus melakukan sebaik mungkin untuk karya kita, mau itu dicela atopun dipuji.. yg penting kan kt ud ngebuat semaksimal mgkn dengan susah payahnya perjuangan kita...
setuju... ??
btw klo bs ad tokoh yg indonesia bgt gtu..