halaman

Senin, 26 Januari 2009

Pada Demam (Ada yang punya Es??)

Disebuah tempat makan, terletak dilantai 10 sebuah plaza di Jakarta. Sekumpulan anak ABG Jakarta dateng di samping meja gue...

"Ah keren banget nih tempatnya... foto-foto dong"
"Iya nih, foto yuk?!"
"Ayo dong... buat di facebook nih" 
(sumpah mereka rame banget! dialognya lebih banyak lagi cuma gue ga inget.. karena gue keburu nutup kuping gue pake serbet)

Gue juga mengalami kejadian setipe dengan itu. Temen kerja gue tiba-tiba pas lagi brief bilang "Eh kita belom foto-foto nih? buat di facebook...." terus ada yang nyaut "Ntar Tag-in gue yah!". Oke deh... Di tempat itu juga gue perhatiin bapak-bapak dan Ibu-ibu (umurnya 40an lah) lagi buka-buka facebook, saling bergantian laptop buat liat facebook.

Ada temen gue yang sampe mikirin kira-kira mau nulis apa di status update facebook, setelah dapet dia kabari temen-temennya buat ngasih komentar (termasuk gue yang disuruh), dan terjadilah forum kecil-kecilan...penting ga penting gitu.

Kakak Ipar gue bikin aplikasi CURI TAMPANG di facebook, dia kirim ke temen-temennya.. dia cari ide apa yang menarik buat di jadiin aplikasi di facebook. Terakhir gue denger dia bikin kaos dari pemenang curi tampangnya.. terus kaosnya di kasih...

Gue sampe harus adu argumentasi sama kekasihku, Tatik. Dia bilang kenapa ga nulis status di facebook. Ya ampuuunn! ini cuma facebook ta... 

Kemarin gue denger banyak caleg dan capres manfaatin facebook buat menarik simpatik dan memperkenalkan visi mereka ke orang-orang. Yang paling fenomenal yang si Obama, katanya dia Presiden pertama yang memanfaatka teknologi maya ini secara maksimal, termasuk melalui facebook.

Sebelum facebook emang ada friendster (sekarang masih ada juga), demam kaya gini udah ada,tapi ga seheboh facebook kali... tiba-tiba facebook jadi gaya hidup. Iklan di pasang disana, segala brand di pampang. Segala profesi dijejelin disana. Facebook jadi area berbisnis bagi mereka yang jeli. Facebook jadi tempat eksistensi. Jadi tempat bertegur sapa sama temen lama, saling liat-liat foto. Saling bernostalgia. Fecebook jadi gaya hidup yang baru... (kayanya kalo belum punya facebook di bilang ga gaul?!).

Ngomong-ngomong sumpah deh gue ga di bayar facebook buat bikin advetorial kaya gini, sumpah deh!


Aku untuk Negeriku, Bugiakso Blog Competition 2009

9 komentar:

Anonim mengatakan...

Face Book yaw..

ga tau kenapa yaw..

Sampai sekarang saya belum begitu suka dengan FS dan FB meskipun sudah buat di sana..

Saya masih BLOGGING MANIA..karena manfaatnya sudah jelas, dapat ilmu dan dapat teman..

Kalo FS cuman bisa dapat teman ajah dan kalo FB saya memang belum menafaatkan betul he he he,....

Anonim mengatakan...

heheh..gw kasih petunjuk aja deh...ID Fs gw: j4cky_dud3@yahoo.co.id....heheeh selamat memecahkan teka-teki

Anonim mengatakan...

FB...FB...dan FB...
Mungkin itu yang biasa disingkat para pecandunya. Gw juga mencoba untuk mengobrak-abriknya. Sedikit suLit diawaLnya, namun cukup menyenangkan berada di tengahnya.

PerLu diketahui menurut Gw FB dan FS itu terdapat jenjang para penggunanya. Kebanyakan Para pengguna FB Jenjang Stratanya itu Mahasiswa dan para eksmud. Sedangkan FS para penggunanya Siswa-siswi bisa di biLang Anak2 SMP dan SMA. Mmmm... bagi mereka yang pengguna FB rata2 adaLah LuLusan dari UFS (Universitas Friendster) Wakakakkkkkkk...

Itu menurut gw Loch, Bagaimana dengan yang Lain?

Anonim mengatakan...

FB toh,
ternyata heboh juga y..
waktu pertama kenal FB, bingung mau ngapain..
setelah nu utak-atik, gak nyesel juga kug..

Blog ini juga baru nu buat, motivasi dari SBB dan Kak Taga dg sedikit pengetahuan juga niat buat nulis, dan sekarang bikin ketagihan.

tapi nu juga belum bisa pergi dari ketergantungan yang namanya FS..

Anonim mengatakan...

btw kykna di Lt 10 tmpt qt dinner yg ada cm tissue bkn serbet He2..
sjk diskusi kecil qt waktu itu, gw smakin serius observe all about FB. Dimulai dr segmentasinya yg agk brbeda sama FS, sampai dinamika dlm FB itu sndri.
Ada beberapa temen kantor gw yg dalam 1hr bisa 10x update status dgn kalimat2 agr tmn2nya give comment plus give comment ke status tmn2nya(kelebihan energi barangkali) ada jg yg stiap minggu ganti profile pic dan upload foto hsl activitynya setiap weekend (emg apa benefitnya siy show off beratus-ratus foto, biar dianggap gaul kah?), ada jg yang nge add siapa aja demi memenuhi quota 5rb friends..Ffpuuh!! apapun kegiatannya itu dikembalikan ke pmilik FB itu sendiri..
Mmm soal status di FB jg jd hal yg menggelikan buat gw, dmn trnyata bkn gw doang yg aware soal itu, mengingat FB sejatinya ajang memperluas link prtemanan dan lbh real dibanding chatting dmn byk orang yg bisa jadian gara2 FB, knp juga siy pd menutupi status?
Apa kalian2 yg sbnrnya sdh memiliki psgn punya niatan lain?? ;p

Anonim mengatakan...

pada kepikir ga kalo ada yang namanya negara fesbuk?

'united nation of facebook', jadi sebuah negara yang segala aktivitasnya dilakuin di FB, pemerintahannya, militernya, perdagangannya, sampe ke pemilu n pilpresnya di lakuin di fesbuk.. pacaran sampe berkeluarga juga bisa walopun udah punya pacar ato istri di dunia nyata!!!

kebayang ga kalo ada kayak gitu? pasti autis dan seru, semua orang di dunia (yang rajin ngenet tentunya ato sekali2 dah) punya dunia nya sendiri, dan berkepribadian ganda.... sakit, absurd, tapi keren juga ye...

Anonim mengatakan...

hmmm...facebook yah...gw udah tau ada situs ini mgkn dr 2007 awal kli y...waktu itu pun belum banyak yg bikin dan menjamur kyk sekarang...tp gak gw gubris sm sekali wktu itu...bukan apa2...pendahulu situs pertemanan friendster kan...dan gw wktu itu bikin tahun 2004, lucu liat foto2 orang nyata dan bisa dittemui...hehehe(wktu itu msh gomblo...jomblo,sorry...)jarang bgt wktu itu...dan sgt addicted to it...warnet msh jarang, dan drmh g ada akses internet,alhasil bela2in dah gw dan kawan2 waktu itu main smpe musti naek mikrolet ke rawamangun(wktu itu motor pun masih jarang,g tlalu bnyk kyk sekarang), menariknya dari friendster wktu itu adalah testimonial,semacam pernyataan dr temen lo ttg diri lo,yg terpampang di halaman profile, jd orang lain bs baca...friendster jaman itu blm kyk sekarang..jd yah gtu2 doang dan berlalu...lalu muncul lah live connector...dan latah gw bikin account juga, tampilannya kurang lebih sm bgt kyk fs tp di sini bs chat...dan ada forum...bisa interaksi dengan org2 baru (di Chat),dan ngomongin tentang sesuatu(di forum).dan dua2ny interaktif bgt bg gw jd fs ditinggalin(lagian udah sepi)...khususnya forumny yg ngebahas sesuatu yg lo suka misalnya musik terus bertukar pikiran...dr sini gw dapet bnyk pengetahuan2 baru dan temen2 baru yg lebih seiman(dalam musik tentunya), tp LC(singkatan liveconnector) mulai ditinggalin juga sama pengikut2 setianya....lama2 yg ada di postingan forum cuma spammm atau org2 ngomong jorok atau ga jelas yg kerjanya cuma numpuk2in postingan dgn kata bangsat atau semacamny...selain itu gw diajak bikin myspace sm temen gw "kita pindah ke myspace aja yuk" begitu katanya...akhirnya LC pun ditinggal, walaupun masih rame di chat room pas gw tinggal...dan mulailah era myspace yg wktu itu sangat erat dgn musikny karena perbedaannya di sini sangat musik bgt,bisa naro mp3, ada profile band2 dalam dan luar negri...juga musisi2 lokal pada kernjingan main myspace...hampir sama kyk fs dan lc jg tp di sini komunikasinya bkn testimonial kyk fs dan lc...tp comment...jd terlepas dr budaya pernyataan tentang si empunya profile dr temen2nya...kolom comment lebih kyk ngobrol, karena klo lg online di profile muncul "online now"...dan ini diikutin fs yg jg ganti kolom testi jd comment,trus myspace jg bs bikin custom profile,nah ini yg jenius...kolomnya bs diganti background dan tampilnnya...dulu wah bgt klo diliat..dan lg2 ini diikutin jejaknya sama friendster...myspace jg yg pertama untuk bs ngasih comment ke foto2 yg pny account...myspace jg ajaib mempertemukan seorang artis ibukota dengan penggemar2nya...bahkan temen gw ada yg pacaran sm slah satu band cukup fenomenal di jakarta...biasanya abis comment2an mereka janjian ketemu...atau nongkrong...kebetulan ini masuk ke era ny "parc", jd ketemuan juga g bingung, toh parc lg booming dengan musisi2 indieny sat itu...sayang sudah tutup...
tapi lagi2 myspace jg jd sepi...karena accessnya jd agak berat dengan video dr youtube,mp3,dan custom profileny...selain itu juga sering dibajak account orang sama penawaran2 yg aneh...padahal orang itu g ngirim apa2...jd baliklah lagi pada maen FS,yg sebenernya selalu dimaenin atau paling tidak dibuka lah...friendster paling banyak peminat setianya...lalu munculah lg yg namanya multiply dan ilike...kli ini gw lumayan capek...jd males bikin multiply yg lumayan rumit dan adaptasi dengan tampilan...gw lebih memilih ilike yg simple dan sesuai selera...karena ilike ini kelebihannya bisa dengerin musik apa aja dari artis2 kesukaan lo...dan lists ny pun lengkap...klo ada itunes bs sharing dan di donlot...tp kekurangannya orang indonesiany cm seiprit...di daftar temen gw aja cm 2 org indonesia gw sm tmn gw si ary chadok,alhasil ilike bkn tempat untuk berinteraksi...gw pakenya cm ngedonlot aja...
di sini uda muncul facebook...lg2 gw malay bikin account...padahal sodara gw si daus udah ngebangga2in nih situs..."bisa kirim minuman loh...bnyk aplikasinya" ktanya bgtu...tp gw sm sekali g ngerti maksdnya apaan...dari situ gw berjanji ga akan pindah lagi dari friendster....facebook sucks...bgtu pikir gw...karena gw yakin kli ini bakalan jd basi juga nih....
selang hampir setahun..tepatny lg nongkrong di depan kampus sm beberapa teman,tb2 mereka ngomongin bahasa2 yg gak gw kenal "tag gw dong...lo kmrn ngetag foto yg itu tuh..."....hah...apan tuh tag..tag...ketek...kata gw dlm hati menggerutu...ternyata demam facebook uda sampe ke temen2 gw ini...tp gw masih blm mw juga pny account di sini...facebook sucks...(masih sama kyk setahun lalu)
lalu akhirnya air dalam ember gw penuh juga dan meluap pada suatu ketika...sepupu gw ada yg ultah,dan smua diundang,tradisi keluarga ulangtahun dirayakan bersama sepupu2...tp kli ini undangannya lewat facebook...gw yg ga tau apa2 dan gak dateng, ditanyain besoknya...knp g dtng?loh gw ga tau...jawab gw..."lo g pny facebook sih..."
halah....capek deh....akhirnya gw menyerahjuga hr itu dan melakukan gencatan sejata dengan pihak facebook....
akhirnya gw bikin account juga, jadi setelah membaca tulisan gw yg panjang dan membosankan ini intinya gw cuma minta pengertian dr pihak facebook...hehehe...gak deng...intinya tolong dong add gw...GGGUUUUBBBRRRAAAKKK.....

Anonim mengatakan...

anjrot panjang amat...

Anonim mengatakan...

hmm.. FB ya..
gw setuju lagi sama k taga...
jgnkan ank ABg, org 40-an,org kantoran, tmn gw di S2 juga bgtu.. kyknya dosen2 gw aja yg gak py Fb.Soalnya mereka orang2 yang memakai teknologi disaat membutuhkan saja. tapi mereka juga tahu hal-hal yang kyk gini.

Mo tahu gak, kt dosen gw, orang-orang sekarang akan banyak perubhan karena termakan oleh kecanggihan teknologi dan gampang tertarik pada sesuatu yg lg 'in' seperti Fb ini. Katanya hal ini, bisa dijadikan suatu gejala juga loh..
namun masih belum dipastikan gejalanya msuk kemana,, sepertinya sudah ada orang yang meneliti, tp gw blum nyari. Kalau gw bil dan ternyata dosen gw bilang, orang-orang sekarang sudah terlihat mengalami kesulitan dalam hal interaksi sosial, cuek, kurang peduli terhadap lingkungan sekitar karena mereka terbiasa lebih terfokus sama yang kayak gitu-gitu. (gw ngerasa bgtu juga soalnya, tp gw sdng perbaikan dlm perubahan diri).
Tapi ya..saya juga gak mau muna.. Saya juga pengguna FB dan Fs. Saya orang yang senang menjalin hubungan dengan orang banyak. So, FB dan FS membantu saya dalam menemukan teman-teman saya.. dan saya masih bisa komunikasi kepada teman-teman yang kiranya tidak dapat bertemu muka dengan mereka,

ya..silahturahmi.. Toh' kita kapan py wktu utk ketemu mrk klo smua org sekrang sudah terikat waktunya dengan kegiatan yang padat.